Dia skizofrenia ?

0
Jemari Label Hari
Skizofrenia adalah suatu gangguan psikosis fungsional berupa gangguan mental berulang yang ditandai dengan gejala-gejala psikotik yang khas dan oleh kemunduran fungsi sosial, fungsi kerja, dan perawatan diri. Skizofrenia merupakan penyakit otak yang timbul akibat ketidakseimbangan pada dopamin, yaitu salah satu sel kimia dalam otak. Ia adalah gangguan jiwa psikotik paling lazim dengan ciri hilangnya perasaan afektif atau respons emosional dan menarik diri dari hubungan antarpribadi normal. Sering kali diikuti dengan delusi (keyakinan yang salah) dan halusinasi (persepsi tanpa ada rangsang pancaindra). Pada pasien penderita, ditemukan penurunan kadar transtiretin atau pre-albumin yang merupakan pengusung hormon tiroksin, yang menyebabkan permasalahan pada fluida cerebrospinal. Skizofrenia bisa mengenai siapa saja


Kisah ini berawal dari "kemarahan" aku pada seorang wanita karna dia berulang kali melecehkan keluarga aku .. tapi belakangan ini "kemarahan" aku beralih menjadi "keprihatinan" , setelah aku mulai bisa berfikir jernih dan tidak hanya memandang hanya dari sudut pandang "aku" , butuh waktu setahun untuk aku bisa mengurai kejengkelan dalam hati ini , dan mungkin sekarang lah waktu yg tepat untuk aku share kejadian ini.

mari kita mulai ..


* wanita ini pernah menyakini kalau suaminya dan seorang bawahannya membuka bengkel di sebuah lokasi dan barang2 di bengkel itu adalah barang hasil curian dari tmpt kerja suaminya yg sekrang

kenyataan :

seteleh di survei ke daerah yg di yakinin wanita tsb .. daerah itu hanya lah sebidang tanah kosong. dan logikanya daerah itu jauh dari perumahan penduduk jadi sangat amat mustahil org buka bengkel disana.kalaupun disana ada bengkel itu adalah milik org asli sana..


* wanita ini menyakini kalau suaminya dan bawahanya tsb pernah "homo2an" di kamar no.8

kenyataan :

kejadian itu sama sekali tidak pernah terjadi

* wanita ini menyakini kalau mertuanya sudah mencuri lipstik / obat anaknya / and blabla .. dan tanpa segan2 menyebar luaskan hal ini .

kenyataan :

apa ada seorang nenek mencuri obat cucu nya sendiri ?

* setelah wanita ini berpisah sktr setaun dari suaminya , tersiar kabar kalau suaminya sudah ada wanita lain . pada suatu hari pembantu suaminya nelp ke Hp wanita ini ( krn suaminya dulu pernah nelp ke pembantu nya pake no.hp wanita ini ) , penelpon ini adalah anak dari pembantu keluarga suami dan dia berniat mencari suami wanita ini hanya sekedar bersilahturahmi .. SIALnya ternyata no itu adalah no. wanita ini .. lalu wanita ini ber HALUSINASI kalau yg nelp ini adalah pacar baru suaminya.. makian cacian di loncarkan terus menerus .. dan dalam halusinasinya.. dia mendapat sms cacian dan makian dari pacar baru suaminya .. dan dia mengirim sms terus menerus yang isinya asumsi "halusinasi" nya dan tidak jauh dari menjelek2kan sang suami serta meghina pacar baru suaminya.

kenyataan :


gimana bisa dia sms trus menerus dan "sperti" ada yg membalas semua smsnya pdhl si penlpon tidak pernah replay sms apalg sampai memaki / mencerca wanita ini seperti pengakuannya , dan itu bukanlah TEROR dari pacar baru suaminya . ini hanyalah "telpon salah sambung" ..aku nggak bisa bayangin bila ada yg salah misscall ke hp dia semua di hujat di maki ama dia, krnd ia bakal merasa itulah telp dari pacar baru suaminya.


* ..." emang loe mau ama laki yg sudah tidur dengan banyak pria , pasangan homonya bernama *** kalau tidak percaya check di kamar no.8 "

kenyataan :

Suami nya tidak homo seperti halusinasinya , dan sudah memberikannya seorang anak .. harusnya sebg seorang istri dia yg paling tau "kemampuan suaminya di atas ranjang" maap .. bukti : skrg suaminya sudah punya gandengan baru dan itu adalah WANITA bukan PRIA


dan msh banyak lagi kejadian yg di luar akal sehat , kalau kita manusia yg normal mungkin akan jauh lebih realitis.. ironis memang, di usia yg tergolong masih muda dia harus menghadapi semua problematika kehidupan yg demikian beratnya. semua berawal dari sebuah SMS MAHA KURANG AJAR
yg membuat kehidupannya berubah . dia kehilangan suaminya dan anak nya kehilangan sosok seorang ayah .. bila dia masih "normal" mgkn dia akan menyesali semua yg sudah dia lakukan apalg kata2 dalam sms maha kurang ajarnya yg membuat kehidupannya berantakan . tapi tidak... Dia dan halusinasinya selalu BENAR .. terus menerus menyalahkan orang lain dan mencari kambing hitam atas perbuatan sendiri adalah kenikmatan dan kebenaran dalam emosionalnya.




Gejala Skizofrenia Paranoid
Jenis skizofrenia adalah jenis yang paling umum. Diperkirakan 40% dari semua kasus skizofrenia paranoid di alam. Berikut adalah beberapa gejala kunci skizofrenia paranoid:

* Mendengar suara dan bunyi imajiner
* Selalu curiga terhadap niat orang lain
* Sangat merendahkan dan bersikap sombong
* Cenderung untuk berdebat dan melawan keluar dari banyak situasi
* Memiliki perasaan dan ide-ide bunuh diri
* Memiliki musuh dan lawan imajiner
* Delusi akan kemegahan dan ketenaran
* Delusi menjadi target bahaya dan dibunuh
* Merasa sendirian dan melawan dunia
* Sikap menarik diri dan tertutup
* Mencurigai orang sebagai potensi ancaman
* Bersikap dan kecendrungan bertindak kekerasan dan berpikir defensif


aku nggak tau wanita ini apa punya ide bunuh diri apa nggak .. kalau ada complite lah Gejala Skizofrenia Paranoid . Di tambah lagi org2 mulai menggunjingkan keluarganya atas sebuah aib yg merayap kepermukaan..

Aku prihatin .. kasian iba.. pada awalnya aku merasa risih / amat marah ama sikap "merendahkannya" , maki2an nya dan hinaannya.. sekarang TIDAK.. aku mulai berpikir dia memang sangat kasihan,. jadi aku tidak lagi menghiraukan maki2an nya.. semua beralih pada rasa iba dan prihatin yg mendalam ..

Mudah2an dia bisa cepet sadar.. kalau pikiran2 negatif di benaknya justru menuntun dia menciptakan halusinasi dan delusi yg sebenarnya memang nggak terjadi , halusinasi dan delusi yg terus di nalarin membentuk bukit kebencian dan membuat musuh imaginernya semakin berkembang .. jadilah yg keluar hanyalah kata2 sumpah serapah dan makian serta hal2 negatif lainnya .. dan terakhir mudah2an masalah keluarganya jg segera terselesaikan amien
Posting Komentar